Pasca Rolling di Pemkab Lampura, Samsir : Ini Sangat Lucu - LAMPUNG DAILY

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 07 Juni 2018

Pasca Rolling di Pemkab Lampura, Samsir : Ini Sangat Lucu


LampungDaily.Com | Jelang lebaran, Plt Bupati Lampung Utara Sri Widodo membuat gebrakan yang membuat banyak pihak tanda tanya. Pasalnya,  hari ini kembali Plt Bupati lantik dua Pejabat Eselon II, Rabu (6/6/2018).

Langkah kebijakan strategis Sri Widodo ini disikapi para petinggi Lampura sebagai hal yang tak lazim. Meski demikian, umumnya mereka memahami bahwa ditengah "kondisi terjepit" pasca dicabutnya sejumlah SK yang terlanjur di rolling sebelumnya telah di cabut oleh Kemendagri. Akibatnya, pengusaha yang kena PHP galau.

Dalam pelantikan dua pejabat pemerintah daerah pada tgl 4/5/2018, Dua Pejabat diantaranya Kepala Dinas PUPR  Syahbudin dan Kepala Dinas BPMD Bapak Wahab, Sebelumnya telah di Nonjobkan. Berdasarkan hasil musyawarah koordinasi Ditjen Otonomi Daerah OTDA Kementerian Dalam Negeri semua bentuk SK tentang ROLING Jabatan dan Nonjobnya Dua Pejabat, secara resmi hak mereka telah dikembalikan.

Hal demikian atas pelantikan hari ini dilihat dari beberapa dasar yang menjadi acuan hukum LEGALnya Pelantikan, diduga tidak prosedur dan terindikasi melanggar peraturan perundang undangan yang berlaku.

Seperti termaktub dalam UU Nomor 10 tahun 2016, UU 5 tahun 2014 dan UU 30 tahun 2014, terkait rekomendasi dari  Kemendagri tgl 30 april 2018 secara hukum tidak mempunyai kekuatan hukum atau kepastian hukum, hal ini didasari bahwa pd tgl 28 mei 2018 Plt Bupati Lampura telah mencabut 4 keputusan tentang rolling jabatan dan diperkuat dalam rapat bersama di Kemendagri pada tgl 31 mei 2018 yang dihadiri oleh Pemkab Lampura, Pemprov Lampung dan Kemendagri, dimana dalam rapat tersebut pihak  Kemendagri telah menyatakan segala dokumen terkait rolling sebelum tgl 28 mei 2018 dinyatakan tidak dapat digunakan lagi atau tidak memiliki kepastian hukum, karena Plt Bupati Lampura telah mencabut 4 keputusan tentang rolling tgl 21 maret 2018.

Saat di konfirmasi  melalui telepon seluler Sekdakab Lampung Utara Drs.Samsir MM, menyebut rolling jabatan yang dilakukan Plt Bupati sri widodo tidak memenuhi prosedur karena tidak dilibatkan Baperjakat.

"Rapat tgl 31 di Mendagri itu semua rekomendasi yang dikeluarkan tunduk kepada hasil rapat," katanya, seraya menambahkan bahwa sudah selayaknya pejabat tunduk pada hasil keputusan tersebut.

Menurut Samsir rolling jabatan yang dilakukan oleh Plt Bupati sangat lucu dan tidak mengikuti prosedural, maka Samsir meminta kepada Mendagri supaya bisa meninjau kembali pelantikan tersebut.

Jurnalis : Juaini Adami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Post Bottom Ad