IPI Selenggarakan Seminar Literasi - LAMPUNG DAILY

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 01 Mei 2018

IPI Selenggarakan Seminar Literasi


LampungDaily.Com | Pj. Bupati Tanggamus yang diwakili Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Firman Ranie, menghadiri sekaligus membuka Seminar Literasi dan Pembangunan Diri, dengan tema "Membangun Budaya Literasi Untuk Mewujudkan Masyarakat Berkualitas"

Seminar ini sendiri diselenggarakan oleh Forum Literasi Lampung yang bekerjasama dengan Ikatan Perpustakaan Indonesia (IPI) Kabupaten Tanggamus dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, di Aula Serumpun Padi, Pekon Kuta Dalom, Kecamatan Gisting.

Turut hadir dalam seminar ini, Ketua Forum Literasi Lampung Ny. Eni Amalia, Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Kabupaten Tanggamus Zonizar, S.I.Pust, Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Hamdan, SH., serta Camat dan Uspika Kecamatan Gisting. Dengan narasumber Dr. Laila Maharani, M.Pd., dan Ir. Hi. Akhmadi Sumaryanto selaku Dewan Pembina Forum Literasi juga Anggota DPR Provinsi Lampung.

Dalam Laporan yang di sampaikan oleh Ketua IPI Zonizar, dikatakan bahwa Seminar ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan budaya literasi. Dengan tujuan setelah mengikuti kegiatan ini dapat mencerdaskan anak bangsa melalui seminar. Zonizar menambahkan kegiatan seminar literasi ini diikuti oleh 100 sekolah dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Adapun dalam sambutan Pj. Bupati yang disampaikan oleh Asisten Sekdakab Bidang Administrasi, Firman Ranie, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Forum Literasi Lampung dan IPI Tanggamus, yang telah menggagas kegiatan ini.

Lebih lanjut dikatakan bahwa literasi merupakan kemampuan individu untuk membaca, menulis, menghitung, berbicara dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan keluarga dan masyarakat.

"Budaya literasi adalah budaya untuk melakukan kebiasaan berpikir yang diikuti oleh sebuah prosedur membaca dan menulis," kata Firman.

Firman menambahkan, peningkatan minat baca masyarakat dilakukan oleh dua faktor utama, yaitu faktor sikap masyarakat terhadap bahan bacaan yang positif dan faktor ketersediaan dan kemudahan akses baca.

"Oleh karenanya kegiatan ibu-ibu, bapak-bapak sekalian di perpustakaan sekolah sangat menentukan kehidupan bangsa. Untuk itu saya berharap kiprah ini harus dilakukan terus," tambah Firman.

"Saya juga mengajak seluruh pustakawan khususnya yang ada di kabupaten Tanggamus ini, agar bagaimana caranya kita menarik minat masyarakat dan anak didik kita untuk rajin membaca," pungkasnya.

Jurnalis : Rendi Ronaldo/Azhimi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Post Bottom Ad