Header Ads

Calon Jamaah Haji 2018 Tanggamus Cek Kesehatan dan Vaksinasi Maningitis


LampungDaily.Com | Sebagian Calon Jemaah Haji(Calhaj) 2018 di Tanggamus cek kesehatan dan vaksinasi maninghitis di Puskesmas Talangpadang, Kabupaten Tanggamus Lampung, hal itu dikatakan Kepala Unit Pelayanan Tehnis (UPT) Kesehatan Talangpadang, Winarto. SKM,

"Agar calhaj Tanggamus 2018 sebelum berangkat maka harus dicek Kesehatan dan divaksinasi(imunisasi) maninghitis, itu sebagai persyaratan dari pemerintah RI, mengacu pula himbauan KKP (kantor Kesehatan Pelabuhan) Provinsi Lampung. Di Puskesmas ini melayani 12 kecamatan, dari 20 Kecamatan se-kabupaten Tanggamus, imunisasi ini berlangsung selama 3 hari,untuk yang sehari menunggu calhaj yang belum datang. Ini program pemerintah tidak ada pungutan biaya,alias gratis ," ujarnya, Senin(7/5) di aula puskesmas tersebut.

Masih menurutnya, kegiatan ini kami lakukan selama 3 hari kemudian, pada hari ini kami lakukan imunisasi dan cek kesehatanan, untuk calhaj dari kecamatan, Pulaupanggung, Ulubelu, Airnaningan, Sumberejo,Gisting,Gunung Alip.

Selasa besok, kecamatan, Talangpadang, Pugung,Bulok,Limau, Cukuhbalak, Kelumbayan, dan kecamatan Kelumbayan Barat, kemudian Rabu kita menunggu dan mengecek lagi bagi calhaj yang belum imunisasi dan cek kesehatan, mengacu dari data siskohat Kemenag Tanggamus,"jelasnya

Selanjutnya Kabag pelayan kesehatan (Yan kes) jemaah haji, matra sistim Kesehatan haji (Siskohat)Dinas Kesehatan Tanggamus,Basri, menerangkan, kami bekerja sama dengan siskohat Dinas Kementrian Agama (Kemenag) Tanggamus agar calhaj dicek kesehat sekaligus diimunisasi maninghitis ini syarat mutlak yang tidak bisa tidak dilakukan,sebab hal ini sebagai prosedur dunia dan kerajaan Arab Saudi, jadi wajib hukumnya Calhaj diseluruh dunia,"ungkapnya, bersama Stafnya Zainuddin, disela acara tersebut di Puskesmas Talangpadang.


Dan diapun, menambahkan, imunisasi maninghitis sangat diperlukan, sebab di sana cuacanya panas terik, penyakit maninghitis tidak menular, akan tetapi menyerang kelenjar otak, pada saat jamaah kepanasan, Calhajpun perlu dicek Kesehatannya kembali, agar jika ada penyakit bisa langsung diobati,selain cek kesehatan saat mendaftar haji tempo lalu.

Kita adakan di Puskesmas Talangpadang ini,bukan tanpa alasan disamping alat prasarananya lengkap, juga terletak ditengah-tengah, sehingga calhajpun mudah mencapainya. Jika semuanya ke Pemkab Tanggamus, tentunya prosesnya calhaj kemungkinan akan lama mengantri "imbuhnya.(Rendi Ronaldo/Azhimi)


Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.