Header Ads

4 Tim Safari Ramadhan Mulai Lakukan Safari di Tanggamus


LampungDaily.Com | Sebanyak empat Tim Safari Ramadhan lakukan Safari ke dua puluh kecamatan se Kabupaten Tanggamus. Keempat Tim Safari tersebut masing-masing dipimpin oleh Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin pada Tim 1, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan pada Tim 2, Sekdakab Andi Wijaya pada Tim 3 dan Dandim 0424 Letkol. Anang Hasto Utomo pada Tim 4.

Dalam safari yang dimulai pada hari Jum’at (18/5/18), Tim 1 melakukan Safari di Pekon Lengkukai Kecamatan Kelumbayan Barat, Tim 2 di Pekon Way Nipah Kecamatan Pematang Sawa, Tim 3 di Pekon Umbar Kecamatan Kelumbayan dan Tim 4 di Pekon Rejosari Kecamatan Ulubelu.

Safari Tim 1 sendiri ditempatkan di Masjid Nurul Huda, Pekon Lengkukai, yang dihadiri oleh masyarakat setempat sebelum pelaksanaan buka puasa bersama dilakukan.

Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati dan rombongan disambut oleh Camat dan Uspika Kecamatan Kelumbayan Barat, Para Kepala Pekon se-Kecamatan Kelumbayan Barat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda/Karang Taruna/Risma Masjid setempat.

Dalam sambutan tokoh masyarakat yang disampaikan oleh Tb. M. Nur, dirinya bersama masyarakat mengucapkan Alhamdulillah dan terima kasih berkat program pembangunan Pemerintah di Kecamatan tersebut, salah satunya adalah akses jalan yang sudah mereka rasakan dimulai dari perbatasan dengan Kabupaten Pesawaran hingga ke Kecamatan Kelumbayan Induk.

Selanjutnya M. Nur mengharapkan banyak pembangunan lain yang perlu dilakukan di Kelumbayan Barat, termasuk pembangunan Masjid yang ada di Pekon Lengkukai.

Sementara Zainal Abidin mengawali sambutannya dengan memperkenalkan diri kepada masyarakat sebagai Pj.  Bupati Tanggamus. Beliau menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada masyarakat Kecamatan Kelumbayan Barat terlebih kepada Masyarakat Pekon Lengkukai yang sudah menerima kedatangan  beliau dan  seluruh rombongan Tim 1 Safari Ramadhan Pemkab Tanggamus, yang tulus dan ingin bertatap muka, bersilaturahmi dengan warga masyarakat yang ada di pekon Lengkukai. “Apabila masyarakat memiliki aspirasi pembangunan tolong informasikan dengan pihak kami, insya Alloh akan kami jadikan prioritas dalam pembangunan baik pada APBD perubahan atau APBD tahun depan,” kata Zainal. “Atas nama Pemerintah Daerah, saya juga mohon maaf apabila dalam pelayanan Pemerintah Daerah selama ini masih banyak kekurangannya,” tambah Zainal.

Zainal juga menjelaskan terkait dengan situasi keamanan saat ini, dengan adanya teror bom di Surabaya dan ditempat lain. Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus  dan seluruh jajaran, dirinya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang ada di Kecamatan Kelumbayan Barat, apa bila ada paham paham radikal di lingkungan mereka, agar dapat diinformasikan. “Karena bagaimanapun juga sebenarnya kita muslim  bersaudara, dan Islam tidak mengajarkan  untuk saling membunuh sesame,” terang Zainal. Zainal juga meminta agar masyarakat dan tokoh masyarakat yang ada di tingkat Pekon juga dapat mengantisipasi apabila ada hal hal yang mencurigakan. “Tolong dirangkul dan diajak berbicara dengan baik,” ajak Zainal.

Sedangkan dalam tausiah yang di sampaikan oleh penceramah Ustad Fado'il, yang juga pengurus BAZNAS Tanggamus. Beliau menyampaikan  bahwa Islam sangat tidak mentolelir radikalisme, dan Islam juga tidak mentolelir tentang tindakan bom bunuh diri yang telah terjadi di negeri kita ini. Selain itu beliau juga mengajak untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT serta berakhlakul karimah.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Zainal Abidin atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus menyerahkan bantuan kepada masjid Jami' Nurul Huda senilai 20 juta rupiah, serta bantuan kepada 20 anak yatim/piatu, masing-masing sebesar 250 ribu rupiah.

Sekda Ajak Pelihara Kerukunan Hidup Beragama

Sedangkan Tim 3 Safari Ramadhan yang dipimpin oleh Sekdakab Andi Wijaya, dilaksanakan di Masjid Jami' Nurul Iman, Pekon Umbar, Kecamatan Kelumbayan.

Dalam sambutannya Andi mengajak seluruh umat Islam di Kecamatan Kelumbayan khususnya untuk menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah dengan penuh rasa syukur, serta dalam nuansa persaudaraan yg rukun dan damai. “Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, penuh ampunan, sejuta hikmah dan kemuliaan. Oleh karena itu, atas nama Pemerintah dan atas nama pribadi, menyampaikan permohonan maaf yg setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanggamus khususnya masyarakat Pekon Umbar Kecamatan Kelumbayan,” kata Andi memulai sambutannya.

Lebih lanjut Andi mengatakan bahwa tujuan dari pada Safari Ramadhan ini adalah guna menjalin silaturahmi, menyerap aspirasi masyarakat dan yang terpenting yaitu melihat langsung kendala, hambatan, kesulitan yg dihadapi masyarakat serta realisasi pembangunan. Andi juga menekankan kepada seluruh aparatur Kecamatan dan Pekon agar betul-betul menjalankan tanggung jawabnya, yakni melayani masyarakat dengan ikhlas. “Jangan mempersulit segala urusan masyarakat, serta jangan sampai ada pungutan liar diluar aturan yang ada,” tegas Andi.

Senada dengan Pj. Bupati Tanggamus, Andi juga mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Kelumbayan agar bersama-sama menjaga situasi dan kondisi di wilayah masing-masing sehingga tetap kondusif serta tidak mudah terpancing dengan isu-isu yg menyesatkan, serta bersama-sama meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi dan bersemangat imtak (iman dan takwa). “Saya mengajak bersama-sama kita memelihara kerukunan hidup beragama dalam kehidupan masyarakat, baik antara sesama maupun dengan pemeluk agama lain,” tandas Andi.

Pada kesempatan ini juga atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Andi menyerakkan bantuan kepada masjid Jami' Nurul Iman sebesar 20 juta rupiah, serta bantuan kepada 20 anak yatim/piatu, masing-masing sebesar 250 ribu rupiah.

Jurnalis : Rendi Ronaldo/Azhimi

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.