Header Ads

Walikota Metro Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan Bersama 4 OPD


LampungDaily.Com | Walikota Metro H. A pairin dan wakil Walikota Metro H. Djohan membuka acara sosialisi pemanfaatan data kependudukan dan penanda tanganan perjanjian kerjasama pemanfaatan data kependudukan antara Diskupcapil dengan empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berlangsung di aula Pemkot (pemerintah kota) Metro Selasa, 10-4-2018.

Selain Walikota dan Wakil Walikota, acara tersebut juga dihadiri seluruh jajaran Forkompinda baik Dinas maupun Badan dilingkungan Pemkot Metro serta para undangan lainnya, sedangkan Empat OPD tersebut yaitu Dinas Komunikasi dan Informatikakil Walikota kota Metro, Kepala BAPPEDA, Dinas Kesehatan, dan Camat Metro Pusat.

"Pemanfaatan data kependudukan merupakan salah satu Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kependudukan yang tertuang dalam UU Nomor, 24 Tahun 2013 dan mengacu pada Perubahan UU 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan,"urai Walikota saat menyampaikan sambutan nya pada acara tersebut.

Selain itu, lanjutnya, bahwa Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang Lingkup dan Tata Cara Pemberian Hak Akses serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Eliktronik, menyebutkan bahwa “Pemerintah Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 huruf c berwenang dan berkewajiban melayani pemanfaatan NIK, Data Kependudukan dan E-KTP,"

Lebih lanjut ujar Walikota, "Saya harap dengan adanya kerjasama ini, maka data kependudukan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, namun tetap rahasia datanya terutama data perorangan yang sangat dilindungi oleh undang-undang,"tegasnya.

Ditempat yang sama,  Mariya Jayasinga selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kota Metro juga berharap agar banyak lembaga pengguna ataupun pemanfaatan data penduduk sehingga dapat tercipta layanan publik yang semakin tertata, efisien dan efektif untuk masyarakat, pungkasnya.

Jurnalis: Zainal Arifin


Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.