Header Ads

Pengelolaan Tempat Rekreasi Pantai Kerang Mas Perlu Pembenahan Serius


LampungDaily.Com | Keberadaan Pantai Kerangmas di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai Lamtim sebagai salah satu destinasi wisata pantai di kabupaten Lampung Timur kian hari terus menjadi daya tarik yang patut diperhitungkan.

Keberadaan objek wisata yang di buka oleh Pemerintah Desa Muara Gading mas  itu masih membutuhkan manajemen pengelolaan yang lebih baik, termasuk sistem pengelolaan yang terpadu dengan sarana penunjang lainnya. Misalnya, perlunya kerjasama dengan pelaku usaha perhotelan atau penginapan.

Data pada dinas pariwisata Lamtim dan pantauan dilapangan menyebut Objek wisata ini sudah mulai diminati oleh para pengunjung yang ingin berwisata dan berlibur di tempat tersebut. Bahkan pada hari libur besar, obyek wisata ini kerap dikunjungi wisatawan luar daerah dan pulau Jawa.

"Kami sangat senang dengan adanya objek wisata ini," kata Amsar warga Desa Muara Gading Mas saat berbincang dengan kru media ini. (1/4/2018)

Namun sejalan dengan meningkatnya pengunjung di objek wisata ini, ternyata kurang dibarengi dengan penataan dan pengelolaan manajemen yang rapi dan smart.  Salah satu Contohnya adalah parkir kendaraan motor pengunjung.

"Karena banyak pengunjung yang membawa Sepeda motor berlalu lalang didalam objek wisata ini, sehingga tidak jarang hal itu menjadi kekhawatiran para pengunjung dan Keluarga yang membawa anak kecil. Ya kami selalu was was  saat berkunjung ke sini," keluh Zuraida, yang hari ini berkunjung bersama keluarga dan kedua anaknya.

Terkait sarana parkir yang tak tertata, banyak yang mengeluhkan hal ini. Mereka umumnya khawatir kalau terjadi kecelakaan menimpa anak anaknya yang tengah bermain ke pantai, tertabrak motor.

Dari pantauan di lapangan, sepertinya pengelolaan tempat wisata ini butuh sinergi dan kerjasama antara pemdes Muara Gading mas dengan  Pemkab Lampung timur, sehingga keberadaan Pantai ini diharapkan akan  menyumbang kontribusi PAD dan menciptakan lapangan kerja baru bagi warga setempat.

Selain itu, pihak pengelola juga sebaiknya segera melengkapi ijin Tempat Rekreasi  tersebut  kedinas pariwisata  setempat, agar pengelolaan Objek Wisata tersebut terdata di Kementrian Pariwisata Pusat melalui Dinas Pariwisata setempat.

Jurnmalis : Herwan Toni


Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.