Kapolres Tanggamus Menjadi Inspektur Upacara Bulanan, Ini Pesannya - LAMPUNG DAILY

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 17 April 2018

Kapolres Tanggamus Menjadi Inspektur Upacara Bulanan, Ini Pesannya


LampungDaily.Com | Sehubungan akan diadakannya pemilihan kepala daerah secara serentak, Pj. Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin mengimbau kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) termasuk rekan-rekan TNI dan Polri untuk menyatakan netralitas dalam pelaksanaan Pilkada tersebut.

Himbauan Pj. Bupati tersebut dibacakan Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, S.IK. M.Si saat menjadi inspektur upacara bulanan memperingati Hari Linmas, Hari Kartini, dan Hari Otonomi Daerah yang digelar Pemerintah Kabupaten Tanggamus di lapangan Pemkab setempat, Selasa (17/4/18).

Rangkaian sambutan upacara, juga disampaikan bahwa Kehadiran Linmas di Indonesia bersamaan dengan peristiwa perang kemerdekaan.

“Linmas dibentuk atas dasar kehendak rakyat dengan cara ikut berpartisipasi aktif membantu angkatan perang melalui pertahanan garis belakang dalam bentuk penyelenggaraan keamanan rakyat tujuan pembentukan Hansip sebagai wadah yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan pemerintahan penanggulangan bencana dan pengungsi Hansip sejak tahun 2002 telah berganti nama menjadi Perlindungan Masyarakat (Linmas),” kata AKBP I Made Rasma membacakan amanat Pj Bupati Tanggamus, Ir. Zainal Abidin, MT.

Sambungnya, Linmas berfungsi lebih daerah perlindungan masyarakat dan penanggulangan bencana, dan tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran sosok aparatur Linmas yang ada memang memberikan banyak sekali kontribusi bagi warga masyarakat baik tinggal di kota maupun di pekon/desa.

Seiring tepat hari ini juga merupakan hari istimewa bagi pergerakan emansipasi wanita karena pada 1 April 1879 yang lalu telah lahir pejuang emansipasi wanita Indonesia yakni RA Kartini.

“Dan seperti yang kita ketahui dan kita rasakan bersama bahwa perjuangan RA Kartini dalam mengangkat derajat kaum wanita Indonesia dan dengan kaum pria sungguh besar sehingga perjuangan dan arti semangat rakyat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan ini membuahkan hasil yang sedemikian besar artinya bagi wanita Indonesia pada saat ini dan waktu akan datang. Hal ini terbukti tidak sedikit, kalau mau itu wanita yang sukses menjadi pemimpin baik di pemerintahan politik maupun di sektor swasta.

“Melalui peringatan Hari Kartini ini saya mengajak kepada para wanita di Kabupaten Tanggamus, mari berusaha menjadi wanita dan ibu yang sehat. Karena dari keluarga baik akan muncul pula masyarakat baik dan berkualitas untuk meningkatkan kualitas keluarga dengan cara perkawinan yang sah,” jelasnya.

Ia mengaku kondisi keluarga yang memiliki kemampuan hidup mandiri sejahtera berwawasan ke depan hidup harmonis memiliki jumlah anak yang ideal bertanggungjawab dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Oleh sebab itu melalui dinas terkait saya mengimbau, mari kita tingkatkan partisipasi dan kepedulian kita kepada wanita-wanita di kabupaten berjuluk Begawi Jejama ini,” ucapnya.

Kemudian, Hari Otonomi Daerah ditetapkan bersama Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1996 tertanggal 7 Februari 1996. Berdasarkan keputusan presiden tersebut tanggal 25 April menjadi Hari Otonomi Daerah tapi bukan hari libur.

“Otonomi daerah memberikan ruang lebih luas dan merespon kebutuhan dan kehendak rakyat di daerah. Namun otonomi daerah juga tetap harus diletakkan dalam konteks kepentingan nasional yang tujuan ahirnya adalah kesejahteraan masyarakat,” tegas Kapolres.

Lantas, berkaitan dengan banyaknya terjadi bencana alam di Kabupaten Tanggamus, besar harapan Pj. Bupati adanya dukungan dari semua pihak tidak hanya pemerintah daerah namun rekan-rekan dari semua unsur untuk dapat saling bahu-membahu dalam menyelesaikan masalah bencana ini.

Upacara bulanan tersebut Pj Bupati Kabupaten Tanggamus, sekretaris daerah beserta para pejabat pimpinan tinggi pratama administrator dan pengawas Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Kepala instansi vertikal BBM dan BKD Kabupaten Tanggamus, Ketua dan Pengurus TP PKK Kabupaten Tanggamus, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita, para Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan. Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan insan pers Kabupaten Tanggamus dan peserta upacara. 

Jurnalis : Rendi Ronaldo/Azhimi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Post Bottom Ad