HPKLM Laporkan ke Walikota Soal Kerugian Atas Musibah Kebakaran Pasar Metro - LAMPUNG DAILY

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 16 April 2018

HPKLM Laporkan ke Walikota Soal Kerugian Atas Musibah Kebakaran Pasar Metro


LampungDaily.Com | Walikota dan wakil Walikota didampingi Setda Kota Asisten satu bidang pemerintahan, Kadis Pasar dan perdagangan, Kadis PU, menerima kunjugan dari pengurus HPKLM (himpunan pedagang kaki lima)  Metro yang di ketuai oleh Aswan Sairullah melakukan audiensi dengan Pemkot Metro serta menyampaikan harapan para pedagang yang tertimpa musibah kebakaran pada Jum'at kemarin, pertemuan yang berlansung di ruang Walikota Metro, Senin 16-04-2018.

Dalam audiensi tersebut Aswan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Pemkot yang sudi meluangkan waktu menerima kehadiran mereka, selain itu Aswan juga melaporkan secara langsung kepada Pemkot tentang jumlah los terbakar serta kurugian materi yang dialami para rekan-rekannya.

"Alhamdulillah, musibah kebakaran yang menimpa kami pada Jum'at kemarin tidak ada korban jiwa, hanya los dan barang kami yang habis terbakar, kami juga sampaikan jalau yang hangus total termasuk barang-barang dagangan ada sekitar 60an lapak,  kalau yang cuma losnya aja yang terbakar ada sekitar 40an lapak, dan ada yang jebol dan rusak karena menyelamatkan barang dagangan ada sekitar 15an, jadi total keseluruhan kurang lebih sekitar 121 kios," terang Aswan dalam laporannya yang disampaikan secara langsung kepada Walikota Metro.

Dikatakannya bahwa  beberapa rekannya yang merasa terpukul atas musibah yang menimpa, dikarenakan sebagian pedagang usai membeli barang dagangan di Jakarta hari Selasa sebelum kebakaran terjadi, "Yang membuat kawan-kawan merasa terpukul karena mereka barusan habis belanja barang dagangan sebelum terjadi kebakaran, ditambah lagi uang yang dipakai belanja itu pinjaman dari Bank," jelasnya.

Untuk itu Aswan yang mewakili rekan-rejannya mengharapkan adanya solusi dari pihak Pemkot serta dapat meringankan beban yang yang mereka alami atas musibah kebakaran yang menimpa, "Kami berharap Pemkot Metro dapat mencarikan solusi kepada kami, kerena disitulah periuk kami," harap Aswan mewakili rekannya.

Sementara itu Walikota Metro H. A Pairin menyampaikan turut berduka atas musibah yang menimpa warganya, untuk itu Walikota juga memberikan peluang untuk menata kembali lokasi para pedagang untuk tetap berjualan dilokasi tersebut, "Kami pihak Pemkot Metro memberikan peluang kepada saudara-saudaraku sekalian, silahkan kalian tata kembali lokasi kalian tata sebaik mungkin namun, harus ada akses jalan untuk umum kenapa saya katakan karena kita tidak punya lokasi lain, tapi itu juga sifatnya sementara," terang Walikota.

Lebih lanjut terang Walikota, bahwa Pemkot Metro juga akan mencarikan solusi atas ketidak nyamanan para pedangang untuk berjualan dipusat perbelanjaan Pasar Cenderawasih lantai atas (lantai dua), "Kami juga akan mencarikan solusi apa sih yang menyebabkan para pedagang enggan untuk berjualan di lantai atas Pasar Cenderawasih, mungkin naiknya agak payah karena lantai dua akan kita buatkan Eskalator," terangnya.

Sementara itu, atas musibah yang dialami para pedagang wakil walikota Metro H. Djohan menyampai hal senada bahwa Pemkot juga akan membantu meringankan beban yang diderita atas musibah tersebut,  "Nantinya akan ada bantuan dari Pemkot Metro, cuma harapan kami tolong ditata serapih mungkin karena tahun-tahun lalu gang-gang atau jalan dilokasi pasar sudah habis semua dan tidak tertata, nah saya minta kepada rekan-rekan pedagang tolong ditata kasih akses jalan untuk umum," tegas H. Djohan.

Lebih lanjut H. Djohan juga mengharapkan kepada HPKLM untuk mendata kembali jumlah los para pedagang yang terbakar Jum'at kemarin, "Kami minta tolong didata kembali dengan kongkrit berapa jumlah los yang terbakar, silahkan kalian dagang di tempat semula sampai penataan di lantai atas Pasar Cenderawasih selesai, pemkot juga akan koordinasi dengan pihak perbankan mudah-mudahan mereka juga akan mengerti atas kondisi dan musibah kebakaran yang menimpa nasabah mereka," tandasnya.

Jurnalis : Zainal Arifin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Post Bottom Ad