Header Ads

Serius Kembangkan Lada Perdu Puluhan Petani Mesuji Terima Pembekalan


LampungDaily.Com | Sebanyak 12 petani dari Kecamatan Panca Jaya menerima pembekalan materi tentang pengembangan tanaman lada perdu oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Panca Jaya, Senin (12/03/201) di Kantor Kecamatan Panca Jaya, Desa Adi Luhur.

Dikatakan Camat Panca Jaya Taufiq Widodo, ini merupakan salah satu model pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat. Harapannya, masyarakat dapat mengembangkan potensi diri dan lingkungan di sekitarnya guna meningkatkan kesejahteraan.

Lanjutnya, jika diasumsikan setiap hektar lahan ditanami 4.000 batang dengan harga bibit Rp 12.000 per batang, maka diperlukan dana sebesar Rp 48.000.000 per hektar. Namun, dengan model pemberdayaan yang tengah dilakukan ini diharapkan bisa memangkas biaya perolehan bibit sampai dengan 90 persen.

“Hari ini sebanyak 12 petani dibekali materi tentang tanaman lada perdu oleh rekan-rekan penyuluh. Dalam minggu ini rencananya para petani akan menyiapkan media tanam pembibitan menggunakan polybag. Minggu depan, akan dilaksanakan kunjungan sekaligus praktik pembibitan ke Dusun Umbul Ben, Desa Wiralaga II, Kecamatan Mesuji yang lebih dulu sukses mengembangkan lada perdu,” terang Taufiq Widodo.

Jurnalis : Chandra Foetra S.


Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.