Fuad Amrulloh: Budidaya Ikan di Mesuji Perlu Terus Kita Kembangkan! - LAMPUNG DAILY

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 21 Maret 2018

Fuad Amrulloh: Budidaya Ikan di Mesuji Perlu Terus Kita Kembangkan!


LampungDaily.Com | Ketua DPRD Mesuji, Fuad Amrulloh kunjungi kelompok Masyarakat pembudidaya aneka ikan, di Desa Tri Karya Mulya, Kecamatan Tanjungraya, Mesuji, Rabu (21/3/2018).

Fuad menceritakan, Masyarakat Desa Tri Karya Mulya memberdayakan tanah pekarangan rumahnya untuk membuat kolam ikan. Ikan yang dibudidayakan Masyarakat berupa ikan lele, patin, dan gurame. "Bahkan ikan hias juga loh, Desa Tri Karya Mulya punya potensi perikanan," jelasnya.

Selain pekarangan, ungkap Fuad, Masyarakat juga melakukan eksperimen dengan memanfaatkan kolam karet untuk budidayakan ikan lele.

"Demi berinovasi, mereka nekat. Walaupun harus uji laboratorium dahulu apakah ikan yang dibesarkan di kolam karet bisa dikonsumsi atau tidak. Namun yang perlu diperhatikan adalah semangat mereka untuk memanfaatkan lahan sekitar rumah mereka untuk kolam. Ini menarik, kekompakan mereka mesti kita suport," seru Ketua DPD Mesuji Partai Nasdem ini, mengisahkan.

Dari laporan Masyarakat, kata Fuad, bahwa sudah ada bantuan dari dinas terkait (Disnakertrans Mesuji) untuk mereka. Namun, Masyarakat masih memerlukan pembinaan lebih lanjut.

"Saya berharap Dinas terkait lebih fokus lagi untuk melakukan pembinaan dan pelatihan-pelatihan seperti pemijahan. Karena selama ini bibit atau ikan kecil didapat dari luar mesuji dan bantuan pemerintah. Semoga Masyarakat diajarkan secara mandiri," tutur Fuad, yang berparas wajah tampan itu.

Menurutnya, yang tidak kalah penting adalah pemasaran ikan tersebut. Karena memang sudah menjadi masalah klasik ketika masyarakat panen, terkendala pemasaran.

"Sebab itulah Masyarakat seringkali putus asa. Tapi saya yakin kita semua bersama Pemda bisa menemukan solusi atas permasalahan pemasaran. Ini salah satu upaya yang perlu terus dikembangkan, setelah saya melihat ada upaya pemanfaatan tanah pekarangan dengan menanam lada Perdu oleh dinas pertanian dan perkebunan Mesuji," ujarnya.

Ketika dihubungi, Sekertaris Disnakertrans Mesuji Arif Arianto, menyatakan Masyarakat Desa Tri Karya Mulya sudah mendapatkan bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja RI melalui program TENAGA KERJA MANDIRI. Ia pun mengaku siap melaksanakan pendampingan.

"Pendampingan tetap kami laksanakan terus bersama dinas perikanan. Bahkan dalam waktu ini kami akan melatih kelompok masyarakat tersebut untuk membuat pakan ikan mandiri. Ke depannya desa Tri Karya Mulya akan kita jadikan sentra perikanan di kabupaten mesuji," jelas Arif.

Jurnalis : Boim
Editor.    : Chandra Foetra S.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Post Bottom Ad