Pabrik ES Margasari di Kelola KUB Sukorahayu, Ada Apa? - LAMPUNG DAILY

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 12 Februari 2018

Pabrik ES Margasari di Kelola KUB Sukorahayu, Ada Apa?


LampungDaily.Com| Guna mencukupi kebutuhan akan Air beku atau Es untuk Nelayan di desa Margasari dan sekitarnya, pemerintah  beberapa tahun lalu melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menganggarkan dana  APBN untuk membangun Pabrik Es di desa margasari.

Pembangunan tersebut berdasarkan  atas Pengajuan dari Koperasi dan Kelompok Nelayan Serta masyarakat Desa Margasari.

"Pembangunan pabrik es  ini  merupakan  hasil pengajuan dari masyarakat dan Kelompok Nelayan Serta Koperasi  yang ada di desa margasari," kata  beberapa warga setempat yang jati dirinya enggan dituliskan.

Menurut informasi yang didapat dilapangan, pemerintah menyerahkan Pengelolaan management pabrik es tersebut untuk dikelola secara bergulir (gantian) oleh  Kelompok Usaha Bersama Nelayan (KUB) Desa setempat.

"Pengelolaan Pabrik Es itu oleh pemerintah diserahkan kepada KUB Desa Setempat untuk dikelola secara bergulir," jelas Mereka.

Pabrik yang dibangun atas dasar pengajuan dari Koperasi dan Masyarakat Desa Marga sari hingga saat ini dikelola oleh KUB Desa Sukorahayu.

"Sejak berdiri dan beroprasinya  pabrik ini, Kami masyarakat Desa  ini belum pernah mengelola Pabrik Es ini. Padahal, di desa margasari juga ada koperasi dan KUB Nelayan. Oleh Karena itu, kami mohon dan minta Kepada  Pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada warga dan kelompok Nelayan Desa Margasari  untuk mengelola Pabrik tersebut.

"Alasannya jelas, karena kami yang mengajukannya. Tak elok kalau kami hanya menjadi pelengkap penderita," Pungkas  mereka.

Warga dan para nelayan setempat sampai saat ini masih bertanya-tanya tentang pengelolaan pabrik es itu. Mengapa pengelolaan  pabrik yang  seyogya dikelola oleh KUB Desa setempat secara bergulir justru dikelola oleh KUB Desa Sukorahayu. Ada Apa?

Jurnalis : Herwan Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Post Bottom Ad